Tuesday 13 September 2016

BAND SEALER AUTO

Berbagi pengalaman sedikit shering dan belajar untuk memahami bagai mana cara membuat sebuah mesin Band Sealer Auto seperti yang sudah dijelaskan di Kumpulan Mesin Farmasi. Apa sih mesin Band Sealer Auto itu?  kita simak ulasannya.


Mesin Band Sealer Auto adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk sealaing / menutup sebuah kemasan berbahan plastik secara otomatis. Cara kerja dari mesin ini adalah product yang sudah dimasukan pada pada plastik dengan ukuran tertentu diletakan pada sbuah karton pack yang berada pada conveyor yang berjalan secara continou, kemudian product melaju dan melewati area sealing dengan dilengkapi sensor automatis dimana jika product melewati area sealing maka kedua selaer akan menjepit plastic product secara otomatis dan di tahan beberapa detik untuk merapatkan kemasan. Sumber pemanas sealer menggunakan Heater dengan ukuran tertentu.

Mesi ini dilengkapi dengan adjuster size untuk menyesuaikna ukuran plastik yang akan di sealing/ditutup, juga terdapat rel yang berfungsi untuk membuka jalur tutup karton agar terbuka saat proses sealing. Biar tidak penasaran ini dia tampilan mesin Band Sealer Auto yang dimaskud:


 Mesin Band Sealer

Mesin ini berbahan Full  Stainless Steel, dimana memiliki ketahanan korosi bertahun tahun lamanya. Jadi sobat tidak perlu kawatatir dengan usia mesin ini meski dipakai bertahun tahun rangka bodinya tidak akan korosi. Namun pastinya juga ada sapare part lain yang perlu diganti seperti alat listriknya, Belt Conveyorya, Heaternya dll.

Motor yang digunakan untuk menggerakan Belt conveyor yaitu Gear motor yg memiliki power 0.3kW atau 1/2HP dengan gear ratio 1 : 15. mesin ini dilengkapi juga dengan variable Speed control untuk mempercepat dan memperlambat lamanya proses sealing.

Spesifikasi Mesin Band Selaer Auto :

Untuk mengetahui lebih detil tentang komponen mesin ini disimak baik-baik ya sob, saya akan paparkan beberapa komponen terpenting dalam pembuatan mesin Band Selaer Auto ini di antaranya adalah :
  1. Sealer Profil Nanas : adalah sebuah komponen mesin Band Sealer Auto yang berfungsi untuk merapatkan, menjepit dan menutup kemasan plastik dengan setingan panas tergantung tebal plastik packing yang digunakan yaitu dari 50-85 derajat celcius. Bahan yang digunakan untuk membuat sealer ini sebagian pabrik manufaktur memakai Alumunium Dural. Bahan ini memiliki karakteristik tahan panas dan tidak mudah lengket saat proses sealing, dan pemerataan panaspun menyebar dengan rata.
    berikut penampakannya :
    Keterangan : Mesin ini memiliki satu pasang Sealer (bisa dibilang Male & Female) artinya berpasangan, lembah ketemu puncak dan puncak ketemu lembah sehingga plastik yang disealing akan rapat sempurna dan tidak akan terjadi bocor. Sealer memiliki lubang untuk masuknya heater sebagai sumber pemanasnya,lubnganya sendiri memiliki ukuran diameter 16mm. jika diameter standar heater 16mm maka lubang Sealer kita lebihkan 0,1mm dari diamter heater, jadi diameter selaer 16,1mm untuk menghindari sesak saat dimasukan dan dikeluarkan.
  2. Heater : adalah elemen pemanas yang umum banyak dipasaran ataupun kita pesan kapada pembutanya. biasanya kalo pesen lama pengerjaannya kurang lebih 3-4 hari udah jadi. Aalat ini berfungsi sebagai sumber pemanas untuk memanaskan selaer profil nanas tadi. Spesifikasi dari heater itu sendiri memiliki diamter 16mm dan panjang 350mm.
  3. Pneumatic : adalah komponen standart part yang banyak dijual dipasaran dengan berbagai ukuran. cara kerjanya memerlukan suplai udara bertekanan untuk memfungsikannya. adapun jenis dan spek yang diperlukan untuk mesin Band Sealer Auto ini Merk FESTO - ADN-63-40 sebanyak dua buah untuk kiri dan kanan


  4. Motor Penggerak Conveyor : adalah Motor utama yang menggerakan Belt Conveyor secara continou. Spesifikasi motor yang dipakai untuk mesin ini adalah gear motor merk MEIN 0.37kW atau 1/5HP 220/380V 1400 rpm Gear Ratio 1:15 Berikut penampakan motor penggeraknya.
  5. Panel Control : adalah unit control untuk mengoperasikan mesin Band Selaer Auto. Di unit inilah semua sistem dioperasikan mulai dari start motor, Variable Speed, Sensor, Pneumatic On, Timer, Temperatur dll. berikut penampakan Control Panel.tampak luar. Box panel sendiri terbuat dari bahan Stainless Steel tebal 1.5mm finishing hairline. kemudian untuk tamilan depan control /muka control dilapisi/di tutup dengan bahan Acrilic yang sudah dicetak huruf.
    Keteranganna panel control terdapat sebagai berikut :
    • Lampu Power
    • Lampu Heater ON
    • Lampu Motor Run
    • Temperatur Control
    • SW. Power
    • SW.Variable Speed
    • Tombol Motor On Off
    • Emergency Stop
    • SW. Heater On Off


  6. Inverter atau sering disebut juga Variable Speed : yaitu untuk mengatur putaran motor dimana  putaran motor penggerak belt conveyor dapat diatur kecepatannya. ini dia penampakan inverter. Spesifikasi Inveter yang dipakai untuk mesin ini adalah Merk Omron dengan Power 0,75kW atau 1 HP
  7. Regulator : adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mensuplai udara bertekanan yang akan diteruskan ke pneumatic melalui selang berdiameter 8. udara bertekanan yang masuk kedalam regulator ini akan di atur tekanannya sesua kebutuhanan pneumaticnya.disini Regulator yang di pakai Merk FESTO MFH S1.4B. berikut tampilan dari regulatornya.
    Komponen di atas merupakan komponen utama dalam pembuatan Mesin Band Sealer Auto dimana di dalamnya masih terdapat banyak komponen lain yang belum di sebutkan satu persatu. Ini merupakan ulasan pengetahuan untuk mengenal berbagai macam komponen suatu mesin. Untuk selanjutnya saya akan detilkan kembali semua komponen yang ada pada mesin Band SelaerAuto ini dengan berupa gambar ilustrasi yang sudah dirancang oleh seorang engineer tentunya. akan tetapi untuk perancangan detil tidak bisa ditampilkan untuk semua pengunjung karena ini hanya pengetahuan dasar mengenal kompenen dan pelengkap sebuah mesin saja. Berikut gamabar kerja Mesin Band Sealer Auto.
    Ini adalah gambar kerja dari mesin Band Sealer Auto yang sudah diproduksi. Sekain untuk pengetahuan komponen utama dari mesin Band Sealer Auto semoga bermanfaat.
    Jika sobat Kurang paham atau ada yang mw ditanyakan seputar mesin tersebut silahkan berkomentar saja di halama komentar siapa tahu nanti kita bisa shearing.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI