Tuesday 11 October 2016

MESIN DRUM MIXER KAPASITAS 50 kg

Mari kata pahami dan mengenal komponen apa saja yang terdapat pada Meisn Drum Mixer. sperti yang sudah dijelaskan pada Kumpulan Mesin Farmasi bahwa mesin drum mixer ini menggunakan material food grade dimana material yang berinteraksi langsung dengan product menggunakan bahan SS316L dan untuk material yang tidak bersentuhan langsung dengan product menggunakan bahan SS314


Cara kerja mesin Drum Mixer yaitu motor menggerakan sprocket sebagai transmisi penghubungnya, kemudian sprocket dihubungkan pada poros roda PU yang menopang dudukan drum mixer. sehingga drum mixer tersebut dapat berputar dengan kecepatan tertentu.


Drum Mixer bisanya dilengkapi dengan varible speed control sehingga kecepatan putarannnya dapat diatur sesuai kebutuhan yang diinginkan. Didalam drum terdapat blade yang berfungsi sebagai jalur pengaduk product. Berikut saya tampilkan foto Blade drum mixer yang dimaksud


Untuk memasukan/menempatkan posisi blade harus lurus dengan lubang yang sudah disesuaikan terhadapa pasangannya. Jika memasukan blade kedalam drum dengan posisi terbalik maka balde tidak akan pas (ngeper), jika blade dimasukan kedalam blade dengan posisi yang sama dengan pasangannya maka balde akan masuk dan terkunci.Berikut posisi blade yang benar saat kondisi masuk.


Setelah Balde drum mixer masuk maka tutup dipasang dengan posisi bisa bebas karena pasangan atas dari tutup dengan lubang blade sama. Tutup sekaligus kunci penguat untuk menahan blade agar tidak bergoyang, jadi ketika tutup dikunci/diklemp maka akat terpres blade yang ada didalam. Berikut foto tutup Drum mixer.


Nah, Jika ada ingin tahu lagi kenapa Drum Mixer ini bisa berputar? dan apa yang menyebabkan perputarannya . Disini  saya akan jelaskan sedikit , tentunya pasti ada penggerak utama yang memutarkannya. Drum mixer diputarkanoleh sebuah Gear motor dengan power 1HP/0,75kW. (Power ditentukan oleh kebutuhan/kapasitas Drum Mixernya.)Untuk posisi motornya kemarin saya lupa foto dalam keadaan terbuka, tapi yang pasti posisi motornya berada di samping yang dicover plat samping posisi panel.Tuh... perhatikan foto dibawah untuk posisimotor yang tertutup cover sebelah box panel.


Kemudia untuk mekanisme pergerakan drumnya diputarkan melalui transmisi rantai+sprocket RS60 (menyesuaikan kapasitas) yang diteruskan ke as Roda.Foto rodanya yang berwarna kuning, itu menggunakan bahan PU (poly urethane) terhalang oleh plat. dan menggunakan beraing sebagai bantalan putarnya. Type Beraing yang dipake UCFL 206, Merknya SKF, bisa jyga merk lain.


Difungsikan dalam satu tempat kontrol yang dinamakan Kontrol panel. Mungkin buat para alumni kelistrikan nama kontrol panel sudah tidak asing lagi. Namun untuk para pemula khusunya yang ingin mengenal dunia mesin mungkin sedikit penasaran. ini fotonya



Kontrol panel inilah yang mengendalikan atau sebagai kontroler untuk menggunakan Drum Mixer ini.disana terdapat tombol tombol untuk mengoerasikan mesin. Berikut keterangnnya:
  • 3bh Switch Power
  • 3 bh Lampu Indicator (Red, Green, Green)
  • 1 bh VR.
  • 1 bh Timer
  • 1 bh Emergency Stop
Nah jika masih penasaran untuk melihat bagian isi dalam kontrol panel berikut penampakannya :


Didalam Control Panel terdapat :
  • Inverter (box yang warna abu gelap tuh..sebelah kanan) fungsinya untuk mengatur kecepatan putaran motor. jadi putarn motornya bisa diatur gan mau kecepatan mulai dari 20 rpm sampe 500 rpm juga bisa tergantung kebutuhan kecepatan yang di inginkan. namun biasanya putaran maksimal dari mesin drum mixer ini kurang lebih sampe 50rpm, kalo lebih dari itu bisa loncat tuh unit drumnya atau mesinya ikut goyang.
  • MCB 3 phase dan 1 Phase mungkin agan agan semua udah pada tau yah kalo tentang istilah entuh... MCB singkatan dari Mini Circuit Breaker fungsinya yaitu sebagai alat pengaman arus lebih
  • Reley Berfungsi untuk menggerakan kontak saklar
  • Terminal Kabel
Oke gan untuk sementara pengenalan komponen yang terdapat pada mesin Drum Mixer ini dicukupkan dulu sekian. Mudah mudahan ilmunya bermanfaat untuk mengenal komponen mesin. Baca juga articel lainnya untuk mengenal lebih jauh tentang mesin khusunya bidang farmasi. Jika ada yang ditanyakan atau kurang faham silahkan masukan saja komentarnya, siapa tahu kita bisa shering.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI