Saturday 3 June 2017

DOUBLE CONE MIXER

Pada artikel sebelumnya di kumpulan mesin farmasi saya sedikit menjelaskan deskripsi tentang penggunaan mesin doublecone mixer sebagai pengenalan saja. Pada kesempatan ini dalam artikel yang berjudul mesin double cone mixer saya akan menjelaskan tentang spesifikasi yang digunakan dalam pembuatannya.

Mesin Double Cone Mixer adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai mesin untuk megaduk 2-3 macam campuran bahan makanan, minuman, jamu, rempah-rempah dan obat-obatan yang berbentuk serbuk/tepung  (powder) atau granuld (produk kering) dengan cara diblanding.
  
Cara kerja Mesin Double Cone Mixer ini adalah bahan yang sudah dimasukan kedalam chamber akan diaduk dengan blade / mixer. Blade berputar berlawanan awarah dengan chamber sehingga pencampuran bahan-bahan yang diaduk akan bertabrakan dan hasilnya menjadi homogen.

Kecepatan putaran chamber dapat di atur rpm-nya sesuai kebutuhan dan jenis bahan yang di mixsing yaitu dengan adanya variable speed control atau sering disebut dengan Inverter yang di pasang pada control panel.


  

Mesin double cone mixer ini dilengkapi dengan safety pagar auto sensor/ limit switch untuk keamanan operator saat mengoperasikan mesin. Dimana saat kondisi pagar tidak terkunci rapat maka mesin secara otomatis tidak dapat dioperasikan

Mesin ini juga didesign sesuai kebutuhan GMP, dimana semua material yang contact product menggunakan bahan SS316L dan bagi non cobtact prosuct menggunakan baha SS304

Berikuta spesifikasi dalam proses pembuatan mesin double cone mixer :

1. Rangka Body menggunakan CNP dengan bahan Mild steel. Setelah itu ranka body disusn sesuai rencana gambar rancangan kemudian difinishing epoksi + pain spray. setelah itu dicover dengan menggunakan plat SS304 dan difinishing harilline agar performa dari mesin lebih terlihat.




2. Pemasangan / Posisi Motor dan gearbox untuk penggerak blade 
(1). Electro Motor menggunakan Merk Electrim dengan power 5HP 220/380V 50Hz 1280 rpm untuk menggerakan Chamber. (2) Gearbox menggunakan  Merk chenta reduser gear dengan Size 120 dan Ratio 1 : 60



3.Man Hole : menggunakan bahan SS316L dengan diameter 500 mm. Man hole ini merupakan part standard yang sudah ada dipasaran, jadi kita tidak perlu repot untuk membuat part ini, juga untuk menghemat waktu agar pekerjaan cepat selsai.


4. Safety Pagar Auto Sensor
Dalam pembuat pagar safety menggunakan bahan pipa SS304 Mirror Diameter 2,5" dan 1,5". dibuat dua bagian yaitu pada bagian belakang dan pada bagian depan. Pagar ini berfungsi sebagai keamanan operator dari mesin ini. Cara kerjanya jika pagar tidak tertutup rapat maka mesin tidak akan bisa beroperasi dan sebaliknya jika pagar sudah tertutup dengan rapat makan mesin dapat berjalan.




5. Blade Mixer
Blade mixer double cone mixer ini menggunakan bahan SS316L dan memiliki 6 kisi kisi blade denga type Sirip Plat #3mm masing masin posisi 2 Sircular. Blade ini berfungsi untuk mengaduk bahan agar cepat homogen.







6. Cone Chamber 
Chamber double cone menggunakan bahan SS316L dengan # 4 - 8mm. untuk bagian samping didesign bentuk shaft bearing dengan posisi double bearing seperti tampak pada foto dibawah. Poros atau shaft terhadapt chamber dibuat cnock down agar mudah dalam pemasangan kemudian blade terhadap poros utama dibuat step bearing yang berlubang agar poros blade dapat masuk ke ruang chamber.



7. Finishing : Cover Body keseluruhan untuk menutupi rangka bagian dalam dengan menggunakan plat SS304 #1.5mm seperti tampak pada foto di bawah.


Oke gan untuk sementara saya cukupkan sekian tentang pembahasan mesin double cone mixer. Jika ada pertanyaan atau hal lain yang ingin ditanyakan silahkan untuk berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan. Untuk konsultasi atau pemesanan silahkan hubungi kontak kami.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI