Wednesday 7 June 2017

POMPA DOSING | DOSING PUMP

Proses pembuatan makanan atau minuman pada sekala industri biasanya memanfaatkan reaksi - reaksi kimia antara satu bahan dengan bahan lainnya. Agar hasil produksinya sesuai dengan target, maka pencampuran bahan kimia yang digunakan harus akurat dan presisi. Karena itu untuk sekala industri pabrik makanan dan minuman, pencampuran bahan menggunakan alat yang dinamakan dengan Pompa Dosing.

(Sumber : Osmo marina pt.)
Pompa Dosing dengan nama lain pompa injeksi kimia dan matering pump adalah pompa yang bisa menginjeksikan cairan tertentu (bahan kimia dan bahan lainnya) kedalam cairan pelarut lainnya yang umumnya adalah air. Pompa Dosing ini dilengkapi dengan pengatur debit cairan yang dikeluarkan sehingga pencampuran bahan materi dengan bahan pelarut bisa akurat takarannya. Biasanya penggunaan pompa yang bisa ditemukan ditoko jual pompa dosing ini adalah untuk industri kimia, industri makanan, proses semi konduktor, prosudksi film dan foto grafi, fasilitas pengolahan air dan boiler bahan kimia.




CARA KERJA POMPA DOSING

Ada beberapa merk pompa dosing yang bisa anda pilih yang sesuai dengan kebutuhan spesifikasi yang mumpuni untuk kelengkapan Mesin Farmasi. Salah satunya bisa anda dapatkan di Distributor Grundfos yang menyediakan type-type Pompa Dosing dengan berbagai spesifikasi khusus.

Merk menentukan bagai mana cara kerja sebuah pompa dosing, tetapi secara umum cara kerja cara kerja pompa ini adalah menarik cairan kimia dengan jumlah tertentu kemudian menginjeksikannya ke pelarut dengan takaran tertentu. Pelarut yang digunakan bisa berupa air, gas, atau uap panas.

Penjelasan sederhanan Cara kerja pompa dosing sebagai berikut :

  1. Komponen pompa dosing yang paling dasar adalah katup yang menyedot cairan kimia dari tangki bahan kimia.
  2. Katup yang digunakan adalah katup satu arah yang diberi pemberat agar tetap berada dibagian dasar tangki cairan kimia yang akan dipompa. Beberapa merk menambahkan float switch yang fungsinya sebagai alarm apabila cairan kimianya sudah habis.
  3. Bahan katup dari pompa tersebut menggunakan bahan material plastik tahan terhadap zat kimia  seperti PVC, PE, atau Stainless Steel.
  4. Kemudian cairan yang sudah dipompa dari tangki akan disemprotkan kecairan pelarut yang mengalir dengan takaran tertentu. Setelah katup injeksi menyemprotkan bahan kimia dalam jumlah tertentu secara otomatis pompa akan berhenti memompa.
Teknologi yang digunakan saat ini adalah katup yang bisa menyemprotkan ditengah tengah arus pelarut agar tidak menyebabkan korosi pada dinding-dinding saluran, sehingga cairan akan langsung terlarut.

Contoh pompa dosing dari Merk Grundfos


(Sumber : Grundfos)

PENGGUNAAN POMPA DOSING



Sebelumnya telah disebutkan penggunaan pompa dosing untuk industri pengolahan makanan, tapi sebenarnya aplikasi dari pompa dosing ini tidak terbatas hanya itu saja. Toko yang menjual pompa dosing juga menjadi supplier untuk usaha atau pengembangan dunia agrikultur, misalnya untuk pemberian pupuk pada tanaman atau pestisida dengan takaran yang tepat dan efisien.


Digunakan juga pada pegolahan air untuk memisahkan air dan bahan-bahan  kimia tertentu agar menjadi limbah yang ramah lingkungan atau untuk kebutuhan konsumsi. Tidak hanyadigunakan untuk keperluan industri, Anda pun bisa memanfaatkan cara kerja pompa dosing untuk sekala yang lebih kecil misalnya sekedar mengatur kada pH pada air dengan menyuntikan zat kimia tertentu, atau untuk menyuntikan klorin untuk membunuh bakteri agar air steril. (sumber pt.osmomarina)
Cukup sekian untuk penjelasan dan kegunaan dari pompa dosing, jiak ada pertanyaan atau hal lain yang ingin disampaikan silahkan saja utunk berkomenar pada kolom komentar yang sudah disediaka. Untuk konsultasi atau pemesanan silahkan hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermanfaat salam sukses.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI