Monday 4 September 2017

MESIN KNIDER MIXER

Selamat pagi dan semangat terus untuk hari ini semoga sehat selalu para pembaca website ini. kali ini saya akan berbagi ilmu dan pengalman tentang mesin Knider Mixer yang baru saja kemarin kita pabrikasi lalu kita kirim untuk kebutuhan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang biscuit yang ada di wilayah banten dan sekitarnya.
Mesin Knider adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mencampur dan mengaduk bahan 2 atau lebih bahan campuran menjadi bentuk adonan makanan (seperti adonan biscuit) menjadi gumpalan yang nantinya akan diproses lanjut ke mesin lain (rolling). Mesin kenider ini memiliki kapasitas pencampuran besar dan kecepatan tinggi dengan kinerja yang sangat baik, kontrol suhu otomatis, porses operasi sederhana, penghematan tenaga kerja, kualitas produk yang dihasilkann stabil dan material yang digunakan sesuai standar GMP dimana material yang kontak dengan produk menggunakan bahan SS316L dan material yang non contact produk menggunakan bahan SS304.



Untuk membuat suatu adonan seperti yang di lakukan pada industri farmasi tentulah memerlukan proses pencampuran dari bahan satu ke bahan lainnya untuk menghasilkan sbuah produk. Menurut (Bhatt & Agrawal, 20017) Campuran dapat diklasifikasikan sebagai berikut

  1. Campuran Positif
    Jenis Campuran ini terbentuk ketika dua atau lebih gas atau cairan misibel dicampur bersama melalui proses difusi. Dalam hal ini tidak diperlukan energi, cukup hanya dengan memberikan waktu untuk pembentukan larutan. Jenis bahan ini tidak memberikan masalah dalam pencampuran.
  2. Campuran Negatif
    Jenis Campuran ini terbentuk ketika padatan tidak terlarut dicampur dengan pembawa untuk membentuk suspensi atau ketika dua cairan tidak saling larut yang dicampur untuk membentuk emulsi. Pencampuran ini lebih sulit disiapkan dan memerlukan tingkat pencampuran yang lebih tinggi dengan kekuatan external karena kecensrungan komponen campuran ini terpisah kecuali jika terus diaduk.
  3. Campuran Netral
    Banyak produk farmasi seperti fasta, salep dan serbuk tercampur adalah contoh campuran netral. produk tersebut statis dan komponennya tidak memiliki kecendrungan bercampur secara sepontan tetapi hanya sekali tercampur, maka tidak akan terpisah dengan mudah.

Ok gan kita akan jelaskan satu persatu mengenai spesifikasi dari pembuatan mesin Knider ini berikut simak ulasannya :

  1. Motor penggerak Blade Knider : menggunakan motor double speed 50/75kW 380-500V 690 rpm/1400rpm dengan merek Mitsubishi motor


  2. Gear box penggerak Knider : menggunakan Merk Chenta reduser dengan Size 200 ratio 1 : 60

     
  3. Motor penggerak manufer chmaber : menggunakan merk Teko 5HP 380V 50Hz 1400 rpm
  4. Gear box penggerak manufer chamber : Menggunakan Merk Chenta reduser  dengan size 135 ration 1 : 100

  5. Transmisi : Setiap transmisi transfer menggunakan Sprocket  + Chain RS 80 dengan double chain




  6. Rumah Bearing dan rumah busing menggunakan bahan Mils Steel. untuk bushing mengguakan Al bronze karena bergesakanlangsung dengan As untuk manufer chamber. Ball bering kita gunakan dari merk SKF agar lebih awet


     
  7. Rangka Body meggunakan Plat T20mm dan Pipa SCH 60 sebagai guid antara ppengegang plat kiri dgn plat kanan. semua baha Mild Steel dan difinishing Epoksi + Paintng.



  8. Chamber Meggunakan Material SS316L dengan Tebal 8mm untuk dinding radius U sedangkan untuk dinding sisi menggunakan ketebalan 10mm, kenapa berbeda anatara tebal plat untuk dinding radius U dan untuk dinding sisi. Dinding sisi harus lebih tebal karena ada tahan dan tekanan yang tinggi saat beroperasi agar tidak mudah defleksi terhadap Chamber.


  9. Pisau Knider Terbuat dari material SS316L dibentuk sedemikian rupa agar berfungsi sebagai pengaduk yang maksimal saat mesin beroperasi. Sedikit Tip untuk membentuk Blade Kneader ini dipanaskan terlebih dahulu kemudian baru di pres dengan membentuk huruf S terbalik contohnya seperti ini.


  10. Cover : Semua Cover body menggunakan plat SS304 dengan ketebalan 1.5mm finishing Hair line

     
  11. Rangkaian Listrik pada kontrol panel



  12. Control Panel : berfungsi sebagai tombol kontroler untuk mengoperasikan atau memeritahkan mesin bergerak.

    Keterangan :

    - Switch Power
    - Switch Heating
    - Push Button Manufer Chamber Down
    - Push Button Manufer Chamber Up
    - Push Button Kneader Low Star On
    - Push Button Kneader Low Star Off
    - Push Button Kneader High Star On
    - Push Button Kneader High Star Off
    - Push Button Kneader Auto Start On
    - Push Button Kneader Auto Start Off
    - Emergency Stop
Ok sob untuk pengenaln pembuatan Kneader Mixerdi cukupkan sekian, jika kurang paham atau ada yang ingin  ditanyakan silahkan berkomentar saja dikolom komentar yang sudah disediakan siapa tau kita bisa shearing. Untuk konsultasi atau pemesanan silahkan hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermnafaat salam sehat.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI