Tuesday 5 September 2017

MIXER CREAM SALEP

Dunia farmasi memang sangat luas sob apalagi mengenai mesin farmasinya. disni saya akan berbagi pengalaman dan menjelaskan sedikit pengalaman tentang mesin Cream Mixer salep. Minggu Kemarin saya baru buat mesin Cream mixer untuk salep. bahan utamanya memang cukup kental karena nantinya akan membentuk seperti salep yang akan digunakan disbuah pabrik farmasi ternama yang terletak di serpong. berikut fotonya gan.




mesinnya belum di finishing bagian luarnya gan masih menemplet plastik penutup stainlessnya. dikarenakan kalo dibuka semuanya takut tergores dan nanti gk enak dipandang gan kalo tergores mesinnya kan mau dijual.

 

Fungsi :
Mesin Mixer Cream berfungsi sebagai mesin pencampur dan pengaaduk bahan yang bersifat kental. Mesin Mixer Cream sering digunakan untuk operasi dasar pencampuran dalam industri farmasi. 



Cara kerja :
Mesin ini memiliki cakupan dua bilah Scraper, Agitator Blades dan Shear Blades yang berputar pada satu sumbu dengan putaran berlawanan arah dan masing-masing memiliki kecepatan putaran yang berbeda. Scraper berfungsi untuk menyapu bahan yang menempel pada bagia dinding kemudian membawanya kembali kearah agitator blades dengan putaran berlawanan, kecepatannya 3 kali lebih rendah dari puataran agitator blades.

Agitator blades berfungsi untuk mengaduk bahan yang bersifat semi padat. Sedangkan fungsi dari Shear Blades adalah bahan yang masuk ke Shear Blades akan dipecah dan dipaksa keluar melalui kisi-kisi stator dengan kecepatan putaran tinggi, sehingga pencampuran akan lebih homogen




Mesin Mixer Cream memiliki sumber pemanas dari heater yang dipasang pada sposisi kiri dan kanan bagian body chamber. Kemudian dengan dilengkapi sekatan volume ware heating atas dan bawah agar bisa memudahkan untuk proses produksi minimum dan maksimum. Dimana jika akan dilakukan proses produksi dengan bahanminimum maka yang digunakan hanya sumber pemanas/heater bawah saja. Jika akan dilakukan prosuksi dengan bahan maksumum maka sumber pemanas/heater yang digunakan adalah kedua duanya (atas dan bawah).
berikut foto untuk chamber yang belum dibungkus isolator.




Mesin ini juga didesign sesuai standar GMP dimana semua material yang kontak dengan product menggunakan baha SS316L sedangkan yang tidak kontak langsung dengan produk menggunakan baha SS304,

Spesifiksi mesin mixer cream salep :

  1. Rangka Body : dibuat dari UNP 75 dengan bahan Mild Steel kemudian setelah selsai langsung diepoksi + paniting untuk menjaga agar tidak mudah karat.

  2. Cover body : bahan plat SS304 : setelah ci cat eposki kemudian dicover dengan menggunakan plat SS304 tebal 1.5mm dengan finishing Hair Line atau dari pabrikan plat ada yang menjual langsung dengan permukaan hariline.

  3. Chamber/Bowel : terbuat dari bahan SS316L karena kontak kontak produk, sedangkan yang tidak kontak produk menggunakan bahan SS304. Ketebalannya pun berpariasi. untuk plat bagian dalam/shell plate ketebalnnya 4mm (yang kontak dengan produk, bagian Jacketing plate keebalannta 4mm, kemudia di lapis rock wool dengan density 20, dicover plat rock wol dengan ketebalan 1.5mm. berikut foto untuk chamber yang belum dibungkus isolator.

  4. Dudukan motor : dibuat dari SS304 dengan ketebakan 5mm s/d 10 mm. Bisa dijast maju mundur untuk posisi motornya
  5. Shaft blade : diamter 2". bladenya sendiri tebalnya 5mm
  6. Scraper : terbuat dari material teflon agar tidak cacat terhadap bodi bowel saat berputar.
  7. Lifting Screw : berdiamter 50 berfungsi untuk menaikturunkan tutup chamber/bowel
  8. Rumah Bearing : untuk shaf penggerak utama dan penggerak baling bali+ Craper. terbuat dari bahan SS304. berikut foronya sob..



Bagian Power dan Electrikal mesin mixer cream salep :

  1. Penggerak blade dan scraper : menggunakan power gear motor dengan kapasitas 2HP/1.5kW 380V 50Hz dengan transmisi Sprocket. Memiliki dua sprocket cabang untuk menggerakakn scraper yaitu menggunakan sprocket RS T28, sedangkan unruk menggerakan blade/baling-baling menggunakan sprocket RS40 T40

  2. Penggerak Shear mixer : menggunakan electro motor dengan kapasitas power 3HP,2800 rpm 380V/50Hz dengan merk motor FUKUTA ex taiwan.

  3. Penggerak Lifting : untuk naikturun mengunakan gear motor dengan kapasitas power 0.75kW/1HP 220/380V 50Hz merk motovario. Berikut fotonya

  4. Penggerak untuk manufer chamber/bowel : menggunakan gear motor dengan kapasitas power 0.35kW/0,5HP 220/380V dengan ratio 1 : 100 merknya sama dengan penggerak lifting yaitu merk motovario. Berikut fotonya

     
Bagian dari Pabel Control : Berikut saya lohatkan dulu fotonya sob.. ini dia control dari semua system dioperasikan melalui monitoring ini.



Berikut saya aka paparkan bagian elektrik yang ada pada control panel sbb:
  • 1bh NFB 3 Phase 32 amper merk mitsubishi
  • 1bh MCB 1 Phase 4 amper merk hager
  • Inverter merk Omron 
  • Timer merk autonics
  • Temperatur Control
  • Terminal Block
  • Indicator Lamp merk otto
  • Push Button merk Auspicious
  • Selector Switch Auspicious
  • Knop Potensio
  • Panel Meter
  • Over Load
  • Pulse Meter
  • Limit Switch
  • Emergency Stop
Ok gan untuk pengenalan mixer cream salep saya cukupkan sekian. Jika ada pertanyaan atau hal lain yang ingin disampaikan silahkan untuk berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan. Untuk konsultasi atau pemesanan silahkan hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI