Monday 4 September 2017

RIBBON MIXER

Selamat siang menuju sore gan, kali ini saya akan membuat artikel yang membahas tentang masih seputar dunia mesin industri farmasi. Yang akan diangkat pada pembahasan sekarang yaitu tentang mesin ribbon mixerYang sebagian pengertiannya sudah saya posting pada artikel Kumpulan Mesin Farmasi yang didalamnya terdapat beberapa penjelasan singkat.

Ribbon mixer adalah  sebuah mesin yang berfungsi untuk mengaduk/mencampur bahan berbentuk powder dengan tingkat basah yang tinggi. Cara kerja mesin ini hampir sama dengan knider mixer yaitu digerakan oleh sebuah motor yang ditransmisikan pada sebuah gear box kemudian di sambungkan pada shaft untuk menggerakan bladenya.




Ribon mixer biasanya khas dengan bentuk bladenya yang menyerupai bentuk secrew namu baldenya ini terputus satu sama lain dan memiliki ukuran yang berbeda natar diamter paling besar untuk diletakan dibagian luar dan diamater terkecil diletakan dibagian dalam yang berfungsi untuk mengaduk bolak balik prosuk agar merata. sperti ini bentuk blade atau pisau ribon mixer untuk type horizontal


Material yang digunakan untuk membuat mesin ini  tentunya harus sesuai standar GMP khusus untuk industri farmasi, makanan, dan minuman. dimana material yang kontak dengan produk harus menggunakan bahan SS316L dan material yang tidak kontak atau bersentuhan langsung dengan produk menggunakan bahan SS304.
Oke sob... kita pelajari satu persatu spesifikasinya dari mesin ribon mixer yang akan kita ciptakan atau kkita buat.
  1. Motor penggerak : yang digunakan memiliki power 5HP/4kW. ini untuk kapasitas 150 Kilo ya sob.
  2. Gear Box : merk Chenta redusder dengan Type ASS Size 100 ratio 1 : 30. fungsi dari gearbox ini mereduse putaran motor terhadap blade mixer agar tidak terlalu berat terhadap motor saat berputar. sehingga akan terasa ringan dan membantu motor agar tidak mudah rusak.
  3. Rangka body : material yang digunakan untuk membuat mesin ini menggunakan Kanal C ukuran 75mm kemudian di cat epoksi. kemudian dicover menggunakan plat ss304 dengan ketebalan 1.5mm finishing hariline

  4. Chamber : Untuk rumah chamber atau tempat dimana produk akan diaduk itu menggunakan bahan SS316L dengan ketebalan plat kurang lebih 5mm dan dikasih support pada tiap sisi/dinding sebagai penguatnya. karena saat beroparasi tenaga yang dihasilkan dari putaran blade mixer dengan produk akan menimbulkan tekanan terhadap dinding tersebut, maka dari itu dinding harus diperkuat agar tidak mudah penyok atau melendoy.

  5. Blade ribbon mixer terbuat dari bahan SS316L dengan diamter shaft 3" dan untuk plate bladenya menggunakan ketebalan 3mm.


  6. Troly penampungan : memang sangat diperlukan jika posisi mesin sangat tinggi dan jauh dari koneksi lainya. jadi untuk memudahkan moveble dibuatkanlah troly mobile supaya bisa dengan mudah untuk memindahkan prosuk dari mesin ini ke tempat lain.

  7. Transmisi penggerak : menggunakan sprocket RS80 dari putaran gearbok menuju shaft ribon mixer, kemudian menggunakan V-bel + Puli untuk meneruskan putaran motor menuju gearbox.
Oke sob untuk kontrol panel mungki sobat semua sudah paham dari artikel lainnya  seperti pada artikel drum mixerdouble cone mixer dan yang lainnya yang terdapat penjelasan tentang kontrol panel. Mesin ini juga hampir sama untuk cara pengoperasiannya seperti mesin tersebut. Biar saya tidak perlu nulis lagi dipostingan ini maka anda cuku buka postingan tersebut yang sudah saya arahkan tentang kontrol panelnya


Saya cukupkan sekian postingan pembahasan tentang mesin ribbon mixer ini. Jika ada yang kurang paham atau ada yang ingin ditanyakan seputar mesin ini silahkan untuk berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan. Untuk konsultasi atau pemesanan silahkan hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI