Tuesday 5 September 2017

SCREW PRESS SANTAN KELAPA

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel yang membahas tentang Mesin Press atau Mesin Screw Press yang diperuntukan mengambil sari dari buah kelapa yaitu santan kelapa. Kemarin kami mendapatkan dapet pekerjaan mesin tersebut jadi untuk itu pada psotingan kali ini akan sedikit shering megnenai peoses pengerjaan Mesin Screw Press. berukut foto bentuk mesinnyA.





Mesin Screw Press adalah mesin yang berfungsi untuk memisahkan antara sari kelapa dengan ampas kelapa melaui proses press. Cara kerja dari mesin ini cukup simpel yaitu kelapa yang sudah diparut dimasukan pada corong input kemudian screw ulir/cacing yang berputar akan mendorong parutan kelapa kedepan dan dorong paksa sampai parutan kelapa  menumpuk dan bertemu dengan flang filter atau saringan yang begitu rapat sehingga santan akan terpress sampai sari kelapa/santannya keluar melalui lubang filter sedangkan ampasnya berjatuhan melewati lubang depannya.



Mesin ini dibuat sesuai standar GMP dimana material yang berinteraksi langsung dengan produk menggunakan bahan SS316L dan untuk material yang tidak bersentuhan langsung dengan prosuk menggunakan bahan SS304. Tentunya pada mesin screw press ini banyak sekali komponen-komponenya yang harus kita ketahui untuk itu mari kita pelajari satu persatu untuk menambah wawasan tentang mesin screw press, diantaranya :

  1. Motor penggerak utama : menggunakan Gearmotor dengan power 1.1kW memakai merk sumitomo gear rsionya 1 : 35

  2. Rangka body : menggunakan Kanal C100 Mild Steel kemudian proses asembling menggunakan las kampuh dan difinishing denga cat + epoksi paint

  3. Screw terbuat dari material SS316L dengan ketebalan 10-12 mm, karena screw ini bersentuhan langsung dengan produk yang di press maka harus sesuai standar GMP. kontruksi dari screw ini khusu untuk bagian depan jarak feet nya harus semakin dekat karena akan ada proses pendekatan dan pengepresan yang lebih kuat dan ketebalan plat screw pun lebih tebal dari plat screw bagian belakang.


  4. Filter Cas  : berfungsi untuk dudukan mesh yang nantinya akan dipasang pada bagian dalam. filter cash ini terbuat dari perporated plat dengan tebal 2mm diamter lubang 10 mm bahannya tentu harus SS316L karena nanti tetesan ari santan akan melewati Filter cas ini.



    Gambar yang di atas sebelum ter-asembling karena untuk memudahkan pemasangan Filter cash ini di bagi dua bagian yaitu bagian atas dan bagian bawah jika di assembling maka akan tampak seperti ini.

  5. Hoper Input : menggunakan plat SS316L dengan ketebalan 1.5mm

  6. Hoper Output : menggunakan plat SS316L dengan tebal 1.5mm. foto dibawah belum terasembling. hoper output ini untuk pengeluaran ampasnya.


  7. Transmisi : menggunakan Sprocket dan rantai dengan RS 80

  8.  Porses Assembling part




  9. Control Panel : berfungsi untuk menjalankan mesin tersebut yang dulakukan dari satu control. Box panelnya sendiri terbuat dari bahan SS304 #1.5mm. berikut fotonya.
    Cara pengoperasian :
  • Selector Switch Power On : Putar Switch power dari posisi Off ke posisi on maka lampu indicator power menyala (red) dan mesin siap untuk dioperasikan
  • Selector Switch Power Off : Putar Switch power dari posisi On ke posisi off maka lampu indicator power mati dan mesin tidak dapat dioperasikan
  • Selector Switch Timer On : Putar Switch timer dari posisi Off ke posisi on maka lampu indicator timer akan menyala (green) kemudian setting timmer terlebih dahulu, mesin akan mati/berhenti secara otomatis jika waktu yang di setting telah tercapai.
  • Selector Switch Timer Off : utar Switch timer dari posisi On ke posisi off maka lampu indicator timer akan mati dan timer tidak akan berjalan.
  • Push Button Star : tekan push button start maka lampu indicator screw on akan menyala (green) dan screw akan mulai berputar.
  • Push Button Star : tekan push button stop maka lampu indicator screw on akan mati dan screw akan berhenti berputar.
Jika kontrol panel dibuka maka bagian dalam kelistrikan dari kontrol panel ini akan terlihat seperti berikut


Keterangan pada bagian dalam control panel :

  • MCB 3 Phase 32 Amper merk Hager
  • MCB 1 Phase 4 amper merk Hager
  • Kontak Tor Model S-T21 merk Mitsubishi
  • Overload 1.4 Amper Merk Mitsubishi
  • Terminal  20 Amper
  • Timer Merk Omron model H3CR
  • Indicator Lamp red dan Green diamter 22 merk Otto
  • Selector Switch diamter 22 merk Auspicious
Oke gan untuk pengenalan mesin screw press saya cukupkan sekian lumayan pegal nih tangannya jika masih kurang paham atau ada yang ingin ditanyakan silahkan saja untuk berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan. Untuk konsultasi atau pemesanan silahkan hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermanfaat salam sehat.

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI