Monday 5 September 2016

MESIN MESIN FARMASI

Dalam dunia farmasi kita sering melihat bahwa farmasi itu selalu kerja dalam keadaan Bersih, Higienis dan Steril, begitupun mesin-mesin yang dipakai dalam lingkungan industri farmasi selalu terjaga kebersihannya dan qualitas/ grade material yang digunakan. terutama material dari mesin itu sendiri harus memenuhi standard GMP farmasi.

Disini admin akan membahas tentang pengenalan mesin - mesin yang sering di gunakan di lingkungan industri farmasi. Mesin farmasi merupakan alat yang banyak digunakan untuk membuat sebuah produk berupa obat-obatan baik itu obatnya dalam bentuk tablet, caplet, serbuk, granul, liquid, pasta, gel dan lain sebagainya sesuai dengan bentuk dan kegunaan dari setiap mesin. Kita selaku konsumen setia obat-obat kimia dan obat-obat herbal hanya tau makan obat 1x sehari - 3x sehari dari resep dokter . Untuk itu mari kita pelajari mesin yang diciptakan atau digunakan untuk membuat produk jenis obat tersebut.

Berikut Mesin-mesin yang sering digunakan dalam proses pembuatan produk obat di lingkungan indsutri farmasi diantaranya adalah :

1. Coating Film




Indocota Coating Film : adalah sebuah mesin yang diciptakan dengan menggunakan teknologi mutakhir yaiut cara pelapisan dengan spray gun. Hasilnya melalui satu tahap proses dimana merupakan bagian/kombinasi dari proses pencampuran liquid yang dipompa melali spray gun dengan suhu dan kondisi tertentu. Secara singkat proses Indocota Coating Film dapat dijelaskan sebagai berikut : Volume udara yang dibutuhkan umumnya diambil dari area kerja, kemudian dilewatkan melalui saringan awal (pre filter), Pemanas dan saringan akhir (Hepa Filter). Sebelum masuk container product tablet/caplet yang akan dilapis (coating) dicek dan ditimbang sesuai kebutuhan kemudain baru dimasukan ke container product. Udara bersih dilewatkanmelalui ducting inlet product kemudian masuk ke area chamber dengan demikian akan terjadi aglomerasi dengan adanya zat pengikat yang digunakan untuk pelapisan (coating).

Adapun bagian-bagian penting yang termasuk tambahan :

  • Temperatur Control otomatis untuk memonitor tempertaur
  • Pengaturan volume udara dicontrol dengan dumper
  • Liquid Control untuk proses penyemprotan

Untuk proses penyemprotan digunakan 2 buah spray gun yang dipasang tepat ditengah tengah chamber pengering. posisi spray gun bisa diatur kearah vertical dan horizontal. Spray gun akan menyemprotkan liquid yang ditransfer dengan menggunakan pompa peristaltic yang dapat diatur kapasitasnya dengan menyeting kecepatan putaran.


Bahan yang dilapis yang mungkin terdiri satu atau lebih bahan yang dimasukan kedalam tanki homogen mixer. Temperatur udara yang masuk diatur antara 50-70 derajat celcius, sehingga waktu penyeprotan dengan proses pengeringan menjadi singkat.
DOWNLOAD QUOTATION
              

2. PASS THROUGH
Pass Through : adalah sebuah mesin yang dirancang khusu untuk proses kerja "STERILISASI" pada media barang dalam kemasan yang penggunaannya sangat mudah dan sederhana. Pass Through digunakan sebelum proses pengemasan yang membutuhkan lingkungan yang sedikit mungkin adanya kontaminasi udara lain/udara kotor, selain mencegah terjdainya pencemaran yang diakibatkan oleh udara.


Pemakain Pass Through sangat banyak digunakan oleh insidtri farmasi. Dalam industri farmasi alat ini merupakan terobosan baru yang dapat digunakan untuk proses pembersihan/sterilisasi khusu media barang dalam kemasan.
Cara pembuatan mesin ini bisa ada baca pada link detil Pembuatan Pass Through



Mesin Pass Through



3. MIXING TANK DOUBLE JACKET
Mixing Tank Double Jacket : adalah sebuah mesin/ alat mixing yang banyak digunakan di industri makanan, minuman dan obat-obatan untuk proses pencampuran bahan-bahan yang akan dicampur lebih daru 2 buahan. Cara kerja Mixing Tank Double Jacket adalah bahan liquid yang akan dicampr dimasukan  melalui inlet product, kemudian steam sebagai sumber pemanas akan memanaskan tangki tersebut sebelumnya, motor penggerak utama mixer akan berputar dengan kcepatan tertentu untuk memixing sampai product homogen.

Tangki ini dilengkapi dengan double jacket sebagai safety operator saat mengoperasiaknnya. Material yang digunakan untuk menciptakan mesin ini dibuat sesuai standar GMP berahan food grade dimana material yang berinteraksi langsung dengan product menggunakan bahan SS316L dan untuk material yang tidak bersentuhan langsung dengan product menggunakan bahan SS304.
DOWNLOAD QUOTATION

Mixing Tank Double Jacket



4. PIN MILL

Pin Mill atau Grinding Tepung : adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menghaluskan granul kering dan granul kasar menjadi granul halus sesuai tingkat kehalusan yang di inginkan berdasarkan mesh/ saringan yang dipakai, pengaplikasinya seperti gula pasir menjadi gula halus.
DOWNLOAD QUOTATION
Mesin Pin Mill
Spesisikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa ada baca pada link detil Pembuatan Mesin Pin Mill

5. ULTRA TURRAX MOBILE
Ultra Turrax Mobile : adalah sebuah alat / mesin yang digunakan untuk mengaduk / mencampur product cairan, baik berbentuk larutan, suspensi , ataupun emulsi. Mesin ini memiliki pisau berbentuk rotor dan stator dimana jika mesi ini beroperasi prosuk akan dimixing menjadi halus dan homogen dengan proses yang sangat cepat.
DOWNLOAD QUOTATION

Mesin Ultra Turrax Mobile


6. MESIN SUPER MIXER

Mesin Super Mixer : adalah mesin yang banyak digunakan di inditry farmasi untuk proses pencampuran dan granulasi basah atau kering dengan kapasitas operasioanl tertentu. alat ini terbuat dari bahan food grade dimana material yang berinteraksi langsung dengan product menggunakan bahan SS316L dan untuk material yang tidak bersentuhan langsung dengan product menggunakan bahan SS314.

Cara kerja mesin ini adalah blade agitator digerakan dengan motor dan biasaya memiliki kecepatan ganda yang bisa diatur oleh kontrol panel dimana terdapat kecepatan rendah dan keceparan tinggi. Begitu juga pisau chooper-nya digerakan oleh motor penggerak, namun pada umumnya memilik kecepatan tunggal.


Mesin Super Mixer
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mesin Super Mixer

7. MESIN OSCILLATING GRANULATOR 
Mesin Oscillating Granulator : Mesin ini juga dapat diaplikasikan pada granul basah dan kering, banyak digunakan  di industri dan laboratorium penelitian industri farmasi, makan, minuman dan kimia. Adapun cara kerjanya adalah produk dimasukan dari atas melalui hopper dan bahan jatuh pada lades rotor atau blade kemudian product akan hancur dengan cara digerus oleh lades dengan putaran rotor 360 derajat dan atau 180 derajat dengan bentuk silinder yang bersentuhan terhadap mesh, untuk ukuran mesh atau perforated plate dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Misalkan untuk tahap awal menggunakan  mesh 14 kemudian tingkat midle menggunakan mesh 18 dan tinggkat lebih halus menggnakan mesh 20 dan seterusnya. Tepi pisau dipasang pada rotor, pengecilan particel berlangsung dan melalui saringan material kemudian didorong dan dikeluarkan melalui outlet product.
DOWNLOAD QUOTATION


Mesin Oscillating Granulator
Penjelasan atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Mesin Oscillating Granulator

8. MESIN REAKTOR HIDROLISIS
Mesin Reaktor Hidrolisis : merupakan sebuah alat untuk reaksi kimia yang memecah molekul air menjadi kation hidrogendan anion hidroksida melalui suatu proses kimia. Proses ini biasanya digunakan untuk memecah polimer tertentu, terutama yang dibuat melalui polimerisasi tumbuhan bertahap (step-growth polimerization). Biasanya alat ini digunakan untuk proses kimia yaitu penambahan suatu molekul air ke zat kimia. Kadang-kadang penambahan ini menyebabkan zat kimia dan molekuk air berpisah menjadi dua bagian.
Sumber : Reaktor Hidrolisis

9. MESIN DOUBLE CONE MIXER

Mesin Double Cone Mixer : adalah mesin yang berfiungsi sebagai mesin pengaduk 2-3 macam campuran bahan makanan, minuman, jamu, rempah dan obat-obatan yang berbentuk serbuk, tepung/ powder atau granul (product kering). Cara kerja mesin Double Cone Mixer ini adalah bahan yang sudah dimasukan kedalam chamber aka diaduk dengan blade. Kemudian blade berputar berlawanan arah dengan putaran chamber sehingga pencampuran bahan yang diaduk akan homogen.

Mesin Double Cone Mixer bisanya dilengkapi dengan safety pagar, auto sensor/ limit switch untuk keamanan operator, dimana saat kondisi pagar tidak terkunci mesin secara otomatis tidak dapat dioperasikan.
DOWNLOAD QUOTATION

Double Cone Mixer
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mesin Double Cone Mixer

10. MESIN DRUM MIXER 

Mesin Drum Mixer :Mesin ini menggunakan material food grade dimana material yang berinteraksi langsung dengan product menggunakan bahan SS316L dan untuk material yang tidak  bersentuhan langsung dengan product menggunakan bahan SS314. Cara kerja mesin Drum Mixer yaitu motor menggerakan sprocket sebagai transmisi penghubungnya, kemudian sprocket dihubungkan pada poros roda PU (poly urethan) yang menopang dudukan drum mixer. sehingga drum mixer tersebut dapat berputar dengan kecepatan yang telah disesuaikan. 


Mesin Drum Mixer biasanya dilengkapi dengan varible speed control sehingga kecepatan putarannnya dapat diatur sesuai kebutuhan yang diinginkan. Didala drum terdapat blade yang berfungsi sebagai jalur pengaduk product.
DOWNLOAD QUOTATION


Mesin Drum Mixer
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mesin Drum mixer


11. MESIN KETEL PROSES
Mesin Ketel Proses: adalah sebuah mesin/alat yang digunakan untuk proses memasak (coocker) sejenis pasta dengan awalan kondisi mentah menjadi matang dengan sistem heating/pemanas yang bersumber dari steam dengan suhu tinggi dan waktu yang singkat untuk mendapatkan hasil proses yang higienis seperti bahan untuk pembuatan mayones, bahan keju dll.
DOWNLOAD QUOTATION

Mesin Ketel Proses

Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mesin Ketel Proses

12. MESIN KNIDER SKALA LAB
Mesin Knider Mixer Skala Lab.: adalah sebuah mesin yang pada umumnya digunakan untuk mengaduk bahan yang memiliki sifat pekat (pasta) dalam kondisi lembab (setengah jadi) menjadi product yang diinginkan (disesuaikan dengan kebutuhan adonan seperti tepung sagu tebung beras dll.

Mesin ini memiliki bentuk blade yang menyerupai huruf S. material yang digunakan berbahan food grade dimana material yang berinteraksi langsung dengan product menggunakan bahan SS316L dan untuk material yang tidak bersentuhan langsung dengan product menggunakan bahan SS314.
DOWNLOAD QUOTATION

Mesin Knider Mixer Skala Lab
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mesin knider mixer. 

13. MESIN FITZ MILL
Mesin Fitz Mill : adalah suatu alat atau mesin yang digunakan untuk menghaluskan bahan baku granul untuk dijadikan serbuk yang lebih halus. alat ini terbuat dari bahan food grade dimana material yang berinteraksi langsung dengan product menggunakan bahan SS316L dan untuk material yang tidak bersentuhan langsung dengan product menggunakan bahan SS304.
DOWNLOAD QUOTATION

Mesin Fitz Mill
14. MESIN CENTRIFUGE
Mesin Centrifuge :  adalah sebuah alat yang banyak digunakan untuk memisahkan partikulat padat dalam cairan. Cara kerja mesin ini digerakan oleh sebuah motor listrik dengan kecepatan putaran tertentu, sehingga kadar air yang berada dalam product akan terseret keluar ketika chamber berputar melalui saringan berukuran mikron (tergantung piscositas product) dengan jenis product yang akan disaring, kemudian air yang keluar dari saringan akan keluar malaui jalur outlet.
DOWNLOAD QUOTATION
Mesin Centrifuge

Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mesin Centrifuge.

15. LAF WEIGHING BOOTH
Laminar Air Flow /LAF Weighing Booth : adalah sebuah mesin yang dirancang khusus untuk mengkondisikan proses kerja "STERILISASI" didalam ruangan mesin laminar dengan menggunakan sistem sirkulasi udara dengan blower cwntrifugal dan melalui filter dengan penggunaan simpel dan akurat.

Lamnar Air Flow merupakan mesin yang digunakan saat proses pengambilan sample yang membutuhkan lingkungan yang sedikit mungkin adanya kontaminasi dan juga mencegah terjadinya pencemaran yang diakibatkan oleh udara luar/kotor.
DOWNLOAD QUOTATION


LAF Weighing Booth
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan LAF weighing Booth 

16. MESIN REWINDER
Mesin Rewinder :  adalah sebuah mesin/alat untuk memberikan kode/tanggal prosuksi/dan expired dengan proses injetprint pada foil dalam bentuk roll  yang akan digunakan sebelum dimasukan ke ruang packaging. Mesin ini dilengkapi dengan sensor auto untuk mendeteksi berapa jumlah yang sudah di cetak. Mesin ini digerakan oleh sebuah motor penggerak dengan kecepatan yang bisa di atur karena dilengkapi dengan variable speed pada panel control. Mesin ini memiliki rangka siku tebal yang di cover stainless Steel 304.
DOWNLOAD QUOTATION

Mesin Rewinder
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil  Pembuatan Mesin Rewinder.


17. MESIN FEEDER CONVEYOR

Mesin Feeder Conveyor : adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk memberikan kode/tanggal/injet print pada sebuah kardus/karton/kemasan obat yang berbahan kertas secra kontinou. mesin ini memiliki dua penggerak, yakni motor untuk menggerakan conveyor dan motor untuk menggerkan feeder belt. Feeder belt.
Mesin Feeder Conveyor
18. MESIN CHEESE CUT / CUTTER CHEESE
Mesin Cheese Cut : adalah sebuah alat yang digunakan untuk memotong keju dari bentuk kotak yang tidak beraturan ataupun beraturan dari ukuran besar dibagi menjadi bentuk ukuran kotak kecil atau persegi panjang. Cara kerja alat ini adalah keju yang sudah di letakan didepan plat pendorong maka stelah penumatik aktif keju tersebut akan terdorong dengan kuat menuju kawat pemotong samapi keju terpotong beberapa potongan sesuai jumlah kawat cutter yang di inginkan.
DOWNLOAD QUOTATION
Mesin Cheese Cut
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link Pembuatan Mesin Cheese Cut

19. MESIN CONE MILL
Mesin Cone Mill :  berfungsi untuk menghaluskan granul basah atau granul kering. Cone Mill ini berbentuk krucut yang dilengkapi dengan blade sebagai penggerus granul dan memiliki Perforated + Mesh sebagai saringan penentu ukuran dengan ukuran yang bisa diganti ganti tergantung dari kehalusan yang di inginkan. Alat ini banyak digunakan di bidang farmasi dalam memproses sbuah obat. Biasanya Cone Mill digunakan saat proses transfer dari super mixer menuju FBD (Fluid Bad Dryer) akan melewati Cone Mill untuk menyamakan ukuran granul.
DOWNLOAD QUOTATION


( Sumber : Cone Mill Senieer )


20. MESIN RIBBON MIXER

Mesin Ribbon Mixer : adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk mengaduk/mencampur bahan berbentuk powder dengan tingkat basah yang tinggi. Cara kerja mesin ini hampir sama dengan knider mixer yaitu digerakan oleh sebuah motor yang ditransmisikan pada sebuah gear box kemudian di sambungkan pada shaft untuk menggerakan bladenya.



Menurut (anonim,2008) Ribon mixer merupakan salah satu alat pencampur yang dapat menghasilkan suatu dispersi yang sejennis atau homogen. Pada alat ini terdapat sumber tenaga yang berfungsi sebagai penggerak dalam proses pengadukan. Pada alat ini Chamber atau wadah tidak bergerak atau berputar melainkan diam. 

Pada pencampuran mengguanakan Ribon Mixer hanya pengaduk yang memutar dengan bantuan poros. Tujuan pengadukan ini agar suatu komponen dapat terdispersi menjadi homoge dan tidak menimbulkan pengendapaan.
DOWNLOAD QUOTATION

Mesin Ribon Mixer

Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mesin Ribon Mixer

Selain itu tujuan dari alat ini adalah untuk mendapatkan hasil yang elastis dan atau pengembangan gluten yang diinginkan. Keuntungan dari alat ini adalah mudah dipelihara dan bahan kecil dapat di dispersikan tanpa membutuhkan pencampuran terlebih dahulu. Ribon Mixer dibagi menjadi dua jenis yaitu Ribon Mixer Horizontal dan Ribon Mixer Rotary. Berikut foto balde ribbon


21. STORAGE TANK
Storage Tank : berfungsi sebagai tangki penampungan sementara dari produk bentuk cairan/ liquid yang nantinya akan digunakana/ ditransfer ke proses berikutnya. Biasanya tangki untuk panempunga memiliki kapasitas yang besar tergantung dari tingkat kebutuhan dan kapasitas dari suatu pabrik. Tangki ini dilengkapi dengan blade mixer yan berputar terus menerus untuk menjaga agar produk tetap homogen didalam tangki meski di diamkan dalam waktu kurang dari 24 jam.
DOWNLOAD QUOTATION

Storage Tank

22. CONE MIXER POWDER

Cone Mixer Powder : adalah sebuah alat/mesin yang berfungsi untuk memixing sebuah produk berbentuk powder yang akan di transferkan melalui screw conveyor menuju mesin filling untuk dikemas. Cara kerja mesin ini adalah produk yang sudah dimasukan akan di mixing oleh blade mixer kemudian masuk pada  lubang screw conveyor dan akan di transfer menuju mesin filling.
DOWNLOAD QUOTATION

Cone Mixer Powder

23. HEATING TAN DOUBLE JACKET

Heating Tank Double Jacket: adalah sebuah tangki yang berfungsi sebagai tangki pemanas untuk memanaskan air yang nantinya akan di suplai ke tangki lainya. Air panas akan di transfer memnggunakan pompa transfer dengan melalui saluran piping yang berbahan SS304/3016L menuju tangki-tanki lain untuk kebutuhan perlengkapan tertentu baik itu penambahan, pembersihan, atau untuk kebutuhan lain yang harus memerlukan air panas.
DOWNLOAD QUOTATION
Heating Tank Double Jacket

24. MESIN BAND SEALER AUTO
Mesin Band Sealer Auto : adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk sealaing/menutup sebuah kemasan berbahan plastik secara otomatis. Cara kerja dari mesin ini adalah product yang sudah dimasukan  pada plastik dengan ukuran tertentu diletakan pada sebuah karton pack yang berada pada conveyor yang berjalan secara continyu, kemudian product melaju dan melewati area sealing dengan dilengkapi sensor automatis dimana jika product melewati area sealing maka kedua selaer akan menjepit plastic product secara otomatis dan di tahan beberapa detik untuk merapatkan kemasan. Sumber pemanas sealer menggunakan Heater dengan ukuran diamter 12mm. Mesin ini dilengkapi dengan adjuster size untuk menyesuaikna ukuran plastik yang akan di sealing/ditutup, juga terdapat rel yang berfungsi untuk membuka jalur tutup karton agar terbuka saat proses sealing.  
Mesin Band Sealer Auto

Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mesin Bealer Automatis


25. MESIN V- MIXER

Mesin V-Mixer : sebuah alat atau mesin yang berfungsi untuk mencampur bahan berbentuk serbuk atau fouder seperti rempah rempah, granul kering, biji bijian dll. Mesin ini memang bentuknya mirip seperti huruf "V" . Cara kerja mesin ini adaalah bahan yang sudah di dimasukan ke dalam Chamber akan diaduk dengan cara diputar baik aitu satu araha atau bolak balik sampai produck benar benar tercampur dengan rat.mesin ini dilengkapi dengan pagar auto.

Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil  Pembuatan Mesin V-Mixer
Mesin V-Mixer 

26. CONVEYOR TRANSFER
Conveyor Transfer adalah sebuah alat/mesin yang berfungsi untuk memindahkan benda dari satu tempat ke tempat lain atau juga bisa difungsikan sebagai penghubung/prantara sebuah prodak atau bahan yang akan di transfer menuju area lain yang memili jarak. Conveyor ini digerakan oleh sebuah motor penggerak yang memiliki kecepatan yang dapat di atur menguanakan variable speed.
DOWNLOAD QUOTATION






27. MESIN SQUARE CONE MIXER
Mesin Square Cone Mixer : adalh sebuah alat/ mesin yang berfungsi untuk memixing product agar homogen. Mesin type ini biasanya digunakan dalam di industri farmasi skala lab. cara kerja mesin ini adalah menggunakan motor listrik sebagai penggerak utamanya, kemudian putaran motor ditransmisikan melalui belt + puly yang di sambungkan pada gearbox. dan di transfer pada ada as melalui sambungan rantai + sprocket. Berikut gambar Mesin Square Cone Mix.
DOWNLOAD QUOTATION
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mesin Square Cone





28. MESIN FBD (Fluid Bed Dryer)
Mesin Fluid Bed Dryer : adalah sistem pengeringan yang lebih sesuai untuk bahan/material yang bobotnya relatif ringan (berbentuk granul, kristal, tepung) dengan mekanisme secara umum adalah sebagai berikut :


Bahan/material yang akan dikeringkan kemudian dimasukan secara konstan dan kontinyu kedalam ruang pengering kemudain akan didorong oleh udara panas yang terkontrol dengan volume dan tekanan tertentu. Selanjutnya untuk bahan/material yang sudah kering (bobotnya sudah lebih ringan) akan keluar dari ruang pengeringan menuju siklon untuk ditangkap dan dipisahkan dari udara, namun untuk material yang lebih halus akan ditangkap oleh fulsejet filter bag.

Hal yang perlu diperhatikan dalam Sistem Fluid Bed Dryer adalah pengaturan yang baik antara takanan udara, tinggkat perpindahan panas dan waktu pengeringan. Sehingga tudak timbul benturan atau gesekan bahan pada saat proses pengeringan berlangsung. Untuk bahan yang lengket atau memiliki kadar air yang tinggi sangat beresiko untuk mengaplikasikan sistem FBD ini. Keadaan sperti ini perlu dilakukan pengkondisian awal yaitu mencampurnya dengan bahan/material kering terlebih dahulu agar tidak menimbulkan masalah pada unit siklon.
DOWNLOAD QUOTATION


Mesin Fluid Bed Dryer

Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mesin FBD



29. MESIN FILLING CREAM
Mesin Filling Cream Nozzle Tunggal : adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk mengemas prosuk pada sebuah wadah atau cup dengan cara di injeksi dengan menggunakan piston volume tunggal. Pengggerak utama yang memompa Piston Volume adaha pneumatic. Bahan yang digunakan untuk mesin Filling ini tentunya harus dari Stainless Steel. Khsus untuk bahan yang terkena prosuk meggunakan SS316L dan untuk yang tidak kontak dengan produk menggunakan SS304.
DOWNLOAD QUOTATION

Mesin Filling Cream
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link Pembuatan Mesin Filling Cream

Mesin Filling Cream biasanya mesin ini diaplikasikan untuk bahan produk jenis cream. Cara kerja dari mesin ini adalah crea, yang terdapat pada hoper akan di sedot oleh piston dengan langkah mundur dalam keadaan valve atas terbuka valve bawah tertutup, kemudian liquid tersbut masuk pada Silinder Volume dan piston akan mendorong kembali liquid tersebut dengan valve atas tertutup dan valve bawah terbuka maka cream produk akan keluar melalui nozzle.


30. MESIN FILLING LIQUID
Mesin Filling Liquid : pengertian mesin fiiling ini sama dengan mesin filling yang lain pada umumnya yaitu sebagai mesin pengemas berupa cairan yang akan di masuka pada sebau cup atau wadah secara conyinyu. Mesin Fillinf Liquid ini memiliki beberapa noze tergantung kapasitas yang di inginkan.
DOWNLOAD QUOTATION

Mesin Filling Liquid


31. MIXER MAGNETIC TANK
Mixer Magnetic Tank : adalah sebuah alat berupa tanki yang digunakan untuk proses mixing atau pencampuran product liquid dengan kapasitas tertentu. System proses mixingnya menggunakan magnetik dimana kedua area luar dan dalam tidak menjadi satu kesatuan anatar blade mixer dengan shaft motornya.

Untuk tangkinya sendiri disini dalam kasus yang sudah saya alami menggunakan double jacket karena ada proses pemanasan. berikut Foto Tanki Magnetic Bottom Mixer yang di maksud dengan menggunakan double jacket.
DOWNLOAD QUOTATION



Mixer Magnetic Tank

Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mixer Magnetik Tank



32. TANKI PRE MIXING

Tanki Pre Mixing adalah sebuh alat yang tidak jauh fungsinya sama dengan mesin mixer biasa yaitu untuk mengaduk bahan atau produk sampai menjadi homogen. Namun Mixer ini memiliki type balde untuk mengaduk dengan kecepatan rendah. Bahan yang terlalu kental akan mempengaruhi pada kecepatan mesin sehingga kecepatan mixer bisa diatur dengan menggunakan Variable Speed Control atau sering kita sebut Inverter.
 


Spesifikasi atau Cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mixer Pre Mixing


33. MESIN DOSING PUMP
Pompa Dosing : dengan nama lain pompa injeksi kimia dan matering pump adalah pompa yang bisa menginkeksikan cairan tertentu  (bahan kimia dan bahan lainnya) kedalam cairan pelarut  lainnya yang umumnya adalah air. Pompa Dosing ini dilengkapi dengan pengatur debit cairan yang dikeluarkan sehingga pencampuran bahan materi dengan bahan pelarut bisa akurat takarannya.

Biasanya penggunaan pompa yang bisa ditemukan ditoko jual pompa dosing ini adalah untuk industri kimia, industri makanan, proses semi konduktor, prosudksi film dan foto grafi, fasilitas pengolahan air dan boiler bahan kimia. Berikut Contoh alatnya.

DOWNLOAD QUOTATION


Spesifikasi atau Cara pembuatan mesin ini bisa anda baca pada link Dosing Pump


(
Sumber : Grundfos)



34. MESIN COLLOID MILL
Mesin Colloid Mill : mesin ini banyak digunakan sebagai alat untuk proses penggilingan, dispersi, homogenisasi, memecah aglomerat dalam pembuatan pasta makanan, emulsi, coating, salep, krim, pulp, minyak dll. Fungsi utama dari Colloid Mill ini adalah untuk memecah aglomerat atau dalam kasus emulsi untuk menghasilkan tetesan halus yang berukuran sekitar 1 Mikron.
DOWNLOAD QUOTATION


Mesin Colloid Mill
Spesifikasi dan Cara pembuatan mesin ini bisa anda baca pada link detil Pembuatan Mesin Colloid Mill


35. MESIN SCREW PRESS
Screw Press Santan Kelapa : Mesin Screw Press adalah mesin yang berfungsi untuk memisahkan antara sari kelapa dengan ampas kelapa melaui proses press. Cara kerja dari mesin ini cukup simpel yaitu kelapa yang sudah diparut dimasukan pada corong input kemudian screw ulir/cacing yang berputar akan mendorong parutan kelapa kedepan dan dorong paksa sampai parutan kelapa menumpuk dan bertemu dengan flang filter atau saringan yang begitu rapat sehingga santan akan terpress sampai sari kelapa/santannya keluar melalui lubang filter sedangkan ampasnya berjatuhan melewati lubang depan.

Mesin Screw Press


Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link Pembuatan Mesin Screw Press Santan


36. MESIN FEEDER BELT BLISTER
Mesin Feeder Belt Blister : mesin ini banyak digunakan di mesin industri farmasi, food, baverages dan industri yang lainnya, difungsikan untuk memberi code produksi atau nomor seri atau tanggal expired dan lain sebagainya. Biasanya pasangan dari Feeder ini adalah conveyor karena butuh jeda panjang untuk melaju dan juga memiliki tempat penampungan saat carton strip melaju ke ujung conveyor. berikut fotonya
DOWNLOAD QUOTATION



Mesin Feeder Belt Blister


Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link Pembuatan Mesin Feeder Belt Blister


37. MESIN DEFOILER STRIP
Mesin Defoiler Strip adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk mengeluarkan atau memisahkan obat berupa tablet/caplet dari bungkus/foil strip obatnya secara kontinyu dengan menggunakan putaran roler yang ditekan berhadapan. berikut fotonya
DOWNLOAD QUOTATION



 




Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda liat di link detil Pembuatan Mesin Defoiler Strip


38. MESIN CREAM SALEP
Mesin Mixer Cream Salep :  berfungsi sebagai mesin pencampur dan pengaaduk bahan yang bersifat kental. Mesin Mixer Cream sering digunakan untuk operasi dasar pencampuran dalam industri farmasi. 

Mesin ini memiliki cakupan dua bilah Scraper, Agitator Blades dan Shear Blades yang berputar pada satu sumbu dengan putaran berlawanan arah dan masing-masing memiliki kecepatan putaran yang berbeda. Scraper berfungsi untuk menyapu bahan yang menempel pada bagia dinding kemudian membawanya kembali kearah agitator blades dengan putaran berlawanan, kecepatannya 3 kali lebih rendah dari puataran agitator blades.

Agitator blades berfungsi untuk mengaduk bahan yang bersifat semi padat. Sedangkan fungsi dari Shear Blades adalah bahan yang masuk ke Shear Blades akan dipecah dan dipaksa keluar melalui kisi-kisi stator dengan kecepatan putaran tinggi, sehingga pencampuran akan lebih homogen.
DOWNLOAD QUOTATION


Mesin Mixer Cream Salep
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mixer Cream Salep


39.FLOOR DRAIN

Floor Drain Stainless Steel : berfungsi sebagai Connection saluran pembuangan yang terdapat di ruangan tertentu (misalnya ruang Clas A, ruang Clas B) yang biasanya memiliki fasilitas air atau liquid yang memang harus di buang ke saluran pembuangan melalui Floor Drain sesuai fungsi dan keguanaan atau biasanya pada floor drain diberikan kode pembuangan jenis liquid yang akan dibuang pada tiap tiap saluran misalnya dengan kode warna atau nomor.
DOWNLOAD QUOTATION


 

Spesifikasi atau cara pembuatan part ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Floor Drain SS

40. MESIN AIR CLASSIFIER MILL
Mesin Air Classifier Mill : adalah sebuah alat atau mesin yang berfungsi untuk menghaluskan bahan dari bentuk biji kering, rempah kering atau granul kering menjadi halus. Mesin ini banyak di gunakan di pabrik farmasi dan food sebagai alat penghalus yang memerlukan tingkat kahalusan maksimal dengan proses yang bertahap. Cara kerja mesi ini adalah produk dimasukan melalui hopper inlet dan bahan akan di seret oleh screw menuju ruang classifier mill, kemudian bahan yang masuk akan di potong dan digerus oleh pisau classifier mill. Dengan adanya blower bahan yang halus akan di tiupkan oleh blower untuk di alihan menuju siclon dan akan di tampung dengan container.
DOWNLOAD QUOTATION



Mesin Air Classifier Mill

Mesin Air Classifier Mill
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil mesin Pembuatan Mesi  Air Classifier Mill

41. MESIN VACUUM DRYER 
Mesin Vacuum Tray Dryer :  berfungsi untuk mengurangi kandungan air pada bahan hingga tercapainya kadar air yang seimbang dengan proses vacuum. Tujuan proses pengeringan adalah untuk mengurangi kadar air sehingga memperlembat laju kerusakan bahan oleh mikroorganisme. Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam melakukan pengeringan antara lain suhu, tekanan dan mekanisme perpindahan bahan.
DOWNLOAD QUOTATION

Mesin Vacuum Tray Dryer
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mesin Vacuum Tray Dryer

42. TANKI MIXING MOBILE 50 LITER
Tanki Mixing Mobile 50 Liter : berfungsi untuk mengaduk/mencampur produk berupa cairan/liquid agar menjadi homogen. Blade mixer yang dipakai untuk tanki mixer ini berupa mixer type propeller, kemudian dilengkapi dengan Variable speed, sehingga kecepatan putaran mixer dapat diatus sesuai kebutuhan.

menggunakan bahan food grade standar GMP dimana untuk material yang kontak dengan prosuk menggunakan bahan SS316L dan untuk yang tidak kontak langsung dengan produk menggunakan bahan SS304.
DOWNLOAD QUOTATION

Tanki Mixing Mobile
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Tanki Mixing Mobile kapasitas 50 Liter  

43. MESIN COATING PAN
Mesin Coating Pan : adalah sebuaah alat farmasi yang berfungsi untuk melapisi sebuah product berupa tablet atau caplet dengan proses spray (proses teknologi canggih) atau pun dengan cara manual. Kali ini saya akan mebagi sedikit pengalaman tentang mesin coating pan manual yang sampai saat ini pun masih ada yang menggunakannya di pabrik farmasi.

Mesin Coating Pan

Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mesin Coating Pan 

44. CONTAINER TANK 
Container Tank SS Mobile : adalah sebuah tanki yang berfungsi sebagai penampungan bahan cairan yang dipakai secara semenatara . Container ini dilengkapi dengan roda berbahan PU agar mudah untuk mobile (berpindah tempat). Dibuat sesuai standar GMP dimana material yang kontak dengan produk menggunakan bahan SS316L dan untuk material yang tidak kontak dengan produk menggunakan bahan SS304.
DOWNLOAD QUOTATION
Container Tank SS Mobile

Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembbuatan Container Tank SS Mobile

45. Dust Collector Mobile
Dust Collector Mobile adalah sebuah alat atau mesin yang berfungsi untuk menghisap debu atau asap yang menyebabkan volusi udara pada ruangan atau lingkungan setempat dari hasil proses industri. Dust Collector Mobile dilengkapi dengan roda berbahan PU agar mudah untuk moveble (berpindah-pindah tempat). alat ini terbuat dari bahan stainless steel.
DOWNLOAD QUOTATION

Dust Collector Mobile
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mesin Dust Collector Portable

46. Mesin Biscuit loader
Mesin Biscuit Loader diciptakan untuk menggantikan manusia / operator dalam aktivitasnya yaitu memasukan biscuit kedalam wadah/tray atau kemasan dengan manual. Fungsi dari mesin loader ini adalah sebagai counter/menghitung jumlah biskuit yang akan di packing kemudian dengan otomatis jumlah dari biscuit yanh sudah dihitung dengan sensor akan menempati wadah /tray secara otomatis. kemudian tray yangsudah terisi akan masuk ke mesin packing atau pengemasan foil. Mesin ini menggunakan system sensor counter dalam menghintung biscuit yang akan dikemas dan sudah menggunakan system panel LCD Touchscreen. 

Sebenarnya mesin biscuit loader ini sepenuhnya merupakan system mekanis namun setiap gerakannya dilengkapi dengan sensor sebagai pengatur gerak atau langkah meksinmenya. Penggerak utama mengunakan motor servo yang menjadi kinci utama dan akurasi pergerakan mekanismenya.
DOWNLOAD QUOTATION


Mesin Biscuit Loader
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mesin Biscuit Loader

47. TAMKI MIXING BOBILE 100 LITER
Tanki mixing mobile adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mencampur atau memixing produk yang berbentuk cairan atau liquid agar menjadi homogen. Tanki ini di design sesuai standard GMP, dimana material yang kontak dengan produk menggunakan bahan SS316L dan yang tidak kontak dengan produk menggunakan bahan SS304.
DOWNLOAD QUOTATION

Tanki mixing mobile

Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Tanki Mixing Mobile Kapasitas 100 liter 



48. Mesin Filling Keju 250 gram

Mesin filling keju adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk memindahkan atau menyimpan produk keju cair kedalam wadah atau bungkus berupa cup atau plastik bungkus untuk di packing dalam ukuran tertentu, namun mesin filling keju yang saya sedang bahas yaitu untuk bungkus ukuran 250 gram. Mesin filling kaju ini memiliki satu nozle sebagai outputnya untuk mengelaurkan keju.
DOWNLOAD QUOTATION


Mesin filling keju

Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mesin Filling Keju 250 gram


49. CONVEYOR TABLE TOP CHAIN

Conveyor Table Top Chain :  berfungsi untuk mengangkut atau memindahkan produk bentuk botol atau cup dari satu tempat ketempat lain. alat pemindah bahan ini banyak kita temui di pabrik makanan minuman dan farmasi.


Conveyor Table Top Chain
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Conveyro Table Top Chain

50. HEATING TANK
Heating Tank / Tanki pemanas : Tanki heating diciptakan khusus untuk memanaskan air yang akan digunakan baik itu kebutuhan suplay pemanas untuk tanki lainnya ataupun untuk penambahan terhadap suatu produk cairan atau liquid yang memerlukan air panas. Tangki Heating ini didesign sesuai standar GMP dimana material yang kontak dengan produk menggunakan bahan SS316L dan untuk yang tidak kontak dengan produk menggunakan bahan SS304.
Spesifikasi atau cara pembuatan tanki ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Tanki Heating Kapasitas 200Lliter

51. MESIN KRISTALISATOR
Mesin/Alat Kristalisator : merupakan sebuah alat teknik pemisah padat cair yang sangat penting dalam industri extrak, karena dapat menghasilkan prosuk hingga 100 %. Mesin atau alat kristalisator berfungsi untuk proses mengkristalkan pembentukan kristal pada dari suatu larutan induk homogen. Komponen bahan pangan yang terutama berperan membentuk kristal adalah air, gula, alkohol, lemak dan pati. Alat ini dilengkapi blade dengan jenis atau model angkur untuk menyesuaikan terhadap jenis prosuk kristal yang akan di aduk.

Mesin/Alat Kristalisator

Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Mesin/Alat Kristalisator

52. SCRWE GRINDING KEJU
Screw Grinding Keju : berfungsi untuk mengubah bentuk keju dari ukuran besar (bentuk kotak) menjadi ukuran kecil (bentuk pasta yang keluar dari lubang perforated) sehingga dari bentuk soldi berubah menjadi bentuk pasta yang masih memiliki sipat padaran tinggi. Cara kerja screw grinding ini adalah bahan dimasukan pada hoper inlet kemudian screw yang berputar akan mendorong dan mengepress keju tersebut dan dipotong potong oleh cutter star wheel kemudian dipress dan keluar melalui luabng perforated sesuia ukuran .

Screw grinding ini didesign sesuai standar GMP dimana material yang kontak dengan produk menggunakan bahan SS316L dan untuk yang tidak kotak langsung dengan produk menggunakan bahan SS304.
DOWNLOAD QUOTATION
Screw Grinding Keju
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Pembuatan Screw Grinding Keju

53. POMPA PERISTALTIK
Pompa peristaltik adalah alat yang digunakan untuk mentrasfer liquid atau cairan dengan volume yang konstant. Prinsip kerja pompa ini adalah fluida dipindahkanmelalui tubing atau selang yang ditekan. Fluida masuk ke lubang suction sehingga terjadi keadaan vacuum karena tubing atau selang ditekan oleh bagian pompa yang disebut roller.
Pompa peristaltik
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link detil Mesin Pompa Peristaltik

54. KNIDER SKALA PRODUKSI

Knider Mixer Skala Produksi : adalah sebuah mesin yang pada umumnya digunakan untuk mengaduk bahan yang memiliki sifat pekat (pasta) dalam kondisi lembab (setengah jadi) menjadi product yang diinginkan (disesuaikan dengan kebutuhan adonan seperti tepung sagu tebung beras dll. Mesin ini memiliki bentuk blade yang hampir menyerupai huruf S. material yang digunakan berbahan food grade dimana material yang berinteraksi langsung dengan product menggunakan bahan SS316L dan untuk material yang tidak bersentuhan langsung dengan product menggunakan bahan SS314.
DOWNLOAD QUOTATION

Knider Mixer Skala Produksi
Spesifikasi atau cara pembuatan mesin ini bisa anda baca di link Pembuatan Mesin Knider Mixer

KLIK UNTUK LIHAT PENAWARAN HARGA TERBAIK LAINNYA

MEMUDAHKAN PENCARIAN KETIK NAMA MESIN YANG DICARI